Desa di Tanah Bumbu Kembali Raih Prestasi di Tingkat Nasioanal

juara lomba desa tingkat Nasional

BATULICIN – Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan di tingkat Nasional. Kali ini, prestasi yang diraih adalah Juara 2 Lomba Desa Tingkat Nasional Regional III.

Desa di Kabupaten Tanah Bumbu yang mengharumkan nama daerah tersebut adalah Desa Sumber Baru Kecamatan Angsana yang sebelumnya meraih Juara 1 Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Diketahuinya Desa Sumber Baru meraih Juara disampaikan oleh Camat Angsana, Wahono, yang pada kesempatan itu turut menghadiri Temu Karya Nasional dalam rangka Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Tahun 2017 yang dilaksanakan di Jakarta, 15 – 19 Agustus 2017.

Temu Karya Nasional tersebut dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dengan tema “Dengan Semangat Kerja Bersama Kita Wujudkan Pemerintahan Desa dan Kelurahan yang Inovatif dan Akuntabilitas Menuju Masyarakat yang Lebih Maju, Mandiri, dan Sejahtera.

Wahono mengatakan dalam Temu Karya Nasional itu disampaikan hasil keputusan Menteri Dalam Negeri oleh Direktur Evaluasi Pemerintahan Desa tentang Juara Lomba Desa dan Kelurahan.

“Hasil keputusan lomba desa menempatkan Desa Sumber Baru Kecamatan Angsana meraih Juara 2 Regional III. Sedangkan peraih Juara 1 yaitu Desa di Provinsi Sulawesi Selatan, dan Juara 3 Desa di Provinsi Kalimantan Utara,” sebut Wahono.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming mengatakan prestasi yang diraih oleh Desa Sumber Baru merupakan hal yang membanggakan karena mampu bersaing dan menjadi yang terbaik dari ratusan Desa di Kalimantan Selatan dan ribuan desa di Indonesia.

Dengan penghargaan yang diraih ini artinya Desa Sumber Baru merupakan terbaik dari semua desa yang ada di seluruh Indonesia.

Bupati menambahkan, lomba desa sangat baik dilaksanakan sebagai sarana untuk melakukan pembinaan sekaligus pula untuk memotivasi desa untuk berkembang menjadi lebih baik lagi.

“Semua sektor dikembangkan mulai dari pelayanan, pembangunannya hingga sumber daya manusianya (SDM),” Ujar Mardani.

Melalui lomba desa itu pula, sebutnya, pemerintah pusat terus mendorong Pemerintah Provinsi dan Kabupaten serta Kecamatan untuk ikut dan turut serta membina desa. Karena desa yang mendapatkan binaan dan bisa menerapkannya tentu akan berkembang dan mensejahterahkan masyarakatnya.

“Yang terpenting adalah bisa memberikan motivasi kepada masyarakatnya untuk meningkatkan pembangunan dan berkreativitas,” katanya.

Ditambahkan Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming, adanya lomba-lomba desa seperti ini bisa mengembangkan SDM nya sehingga tidak tertinggal dari desa lainya. Selain itu pula, melalui lomba desa ini juga dijadikan motivasi untuk membangun desa menjadi lebih baik lagi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, H. Suwignyo, turut menyambut gembira dengan prestasi yang diraih Desa Sumber Baru. Prestasi yang diraih itu tentunya menambah deretan prestasi yang sudah diraih oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dibawah kepemimpinan Bupati Mardani H Maming dan Wakil Bupati H. Sudian Noor.

Ucapan terimakasih juga disampaikan oleh H. Suwignyo kepada semua pihak yang terlibat utamanya Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, TP PKK Provinsi Kalsel, TP PKK Kab. Tanah Bumbu, TP PKK Kecamatan dan Desa yang sudah bekerja keras dalam memberikan pembinaan di Desa Sumber Baru Kecamatan Angsana. Sumber  (Rel/MC.Tanbu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *