PERLOMBAAN DESA DAN KELURAHAN TINGKAT PROVINSI TAHUN 2019

Selasa 30 April 2019 bertempat di Desa Teluk Kepayang kec.Kusan Hulu mewakili Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu  pada Even Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2019.

Adapun Penilaian dalam rangka Kegiatan Acara Perlombaan Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2019 di hadiri oleh Gubernur Kalimantan Selatan dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa Dinas PMD Kalimantan Selatan, Bupati Tanah Bumbu yang juga diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan, Kepala Dinas PMD Kabupaten Tanah Bumbu, Tim Penilai Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, Camat Kusan Hulu,Camat Sungai Loban, Kepala Desa Teluk Kepayang, Rombongan Pendamping Tim Penilai Dari Beberapa SKPD Kab.Tanah Bumbu, TP-PKK Kabupaten, TP-PKK Kecamatan, serta Tokoh Masyarakat Desa Teluk Kepayang.

Pada Perlombaan kali ini, Kepala Desa Teluk Kepayang, Siswan berharap Desa Teluk Kepayang mampu menjadi juara pertama dan mewakili Provonsi Kalimantan Selatan di Lomba Desa Tingkat Nasional nantinya.

Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor dalam Sambutannya yang disampaikan Oleh Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa Dinas PMD Kalimantan Selatan, H. Muhammad menyampaikan Desa merupakan wilayah pemerintahan langsung, yang berhubungan langsung dengan rakyat,  karena itu, Desa memiliki arti yang sangat strategis karena Desa menjadi penyelenggaraan basis pelayanan publik dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat. Perkembangan wilayah pedesaan sejak Reformasi dimulai semakin terbuka, sebelum masa Reformasi penyelenggaraan pemerintahan bersipat Sentralistik sedangkan pada masa sekarang ini menyelenggarakan pemerintahan menganut sisten Desentralisasi. Dengan sistem Desentralisasi ini struktur pemerintahan ditingkat  Desa memegang peranan  yang vital dalam mensukseskan pembangunan daerah apalagi saat ini. Desa diberikan kewenangan yang cukup luas dengan lahirnya uu no 6 tahun 2014 tentang Desa, oleh karena itu pembangunan di Desa harus kita semangati termasuk lomba Desa agar menjadi penyemangat bagi pemimpin dan seluruh warga Desa dan kelurahan untuk mencapai perkembangan yang lebih baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *