Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades)Serentak Tahun 2019

 

Rabu 12 juni 2019 Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang dilakasnakan di aula Dinas PMD  yang dilaksanakan oleh Bidang pemdes.Yang berhadir pada acara tersebut Bupati Tanah Bumbu yg di wakilkan assisten I bidang Pemerintahan, Dinas Dukcapil, Bagian Hukum, Panitia pengawas kecamatan, Panitia pemilihan kepala Desa dan komimfo. Pemilihan Kepala Desa Serentak memiliki arti yang sangat penting dan strategis sebagai momemtum bagi masyarat untuk memilih calon kepala Desa yang akan memimpin penyelenggaraan pemerintahan Desa selama 6 tahun lamanya dan  untuk itu para peserta harus mengikuti sosialisasi ini dengan sebaik2nya, ikuti setiap materi yg disampaikan oleh dukcapil,bagian hukum juga Dinas PMD,Baik Regulasi,prosedurnya sebagai pelaksanan pemilihan kepala Desa Serentak(Sambuatan Bupati Tanah Bumbu yang di wakilkan oleh assisten I Bidang Pemerintahan ir Mariani,M.P).

Di Kabupaten Tanah Bumbu ada 42 Desa dari 10 Kecamatan yang mengikuti pemilihan Kepala Desa serentak Tahun 2019  yaitu: kec. Batulicin 5 Desa, kec. Simpang Empat 1 Desa, kec. Karang Bintang 4 Desa, kec. Mentewe 3 Desa,Kec. Kusan hilir 11 Desa, Kec. Sungai Loban 6 Desa, Kec. Angsana 4 Desa, Kec. Kuranji 3 Desa, Kec. Kusan Hulu 2 Desa, Kec. Satui 3 Desa.

Dasar pilkades serentak adalah UU no 6 tahun 2014 tentang Desa, pasal 31 ayat 1 Pemilihan Kepala Desa  serentak dilaksanakan seluruh wilayah kabuapten kota, PP no 43 tahun 2018 pasal 40 ayat 1 Pemilihan Kepala Desa serentak dilaksankana seluruh wilayah kabupate kota, Permendagri no 112 tahun 2014 tentang pemilihan Kepala Desa,Perda No 12 tahun 2018 tentang pencalonan,pemilihan,pengangkatan, pelantikan dan pemberhentian kepala Desa,perbup no 13 tentang pemilihan Kepala Desa(Sambutan dari Kepala Dinas PMD Nahrul fajeri,S.Pd,M.Pd)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *